Saturday, November 10, 2012

A tale of Two Sisters

Selamat malam minggu :) hayoo sapa yang malam minggunya suram? Tenang, malam minggunya tar lagi abis kok :p hihih..
Nah malem-malem minggu gini enak kali ya ngebahas film horor. Pas banget buat yang lagi sendirian :p hihih

Siapa yang suka nonton horror, hayoo? Kalo yang suka nonton film korea pasti banyak kan? Nah, film yang bakal kita bicarain kali ini adalah film korea yang horor rada mencekam gitu.

A Tales of Two Sisters

Director:Jee-woon Kim
Starring :
Kap-su Kim : Bae Moo-hyeon (Father)
Jung-ah Yum : Eun-joo (Stepmother)
Su-jeong Lim : Bae Soo-mi
Geun-Young Moon : Bae Soo-yeon

Kalau diliat dari judulnya, sudah keliatan ya ceritanya dua orang perempuan bersaudara. Film ini dibuka dengan seorang anak perempuan bernama Bae Su Mi yang sedang duduk di sebuah ruangan. Diruangan ini juga ada seorang lelaki yang seolah mengintrograsi Su Mi. Cerita kemudian dilanjutkan dengan kembalinya Su Mi bersama Ayah dan Adiknya, Soo Yeon pulang ke tempat tinggalnya. Di rumahnya, tinggalnya ibu tiri mereka, Eun Joo,  yang menunggu kepulangan mereka. Layaknya Ibu tiri di mitos yang beredar di cerita rakyat, Ibu tiri di film ini pun jahat dan kejam. 

kematian Ibu mereka dan kehadiran Ibu tiri yang kejam membuat Soo Yeon menjadi depresi. Sebagai kakak yang baik Su Mi selalu ingin melindungi si Adik. Su Mi yang sangat tidak menunyukai Eun Joo ini, benar-benar menunjukan rasa ketidak sukaannya terhadap Eun Joo. Berbeda dengan sang adik yang hanya memilih diam karena terlalu takut dengan ibu tirinya. Eun Joo pun juga tak segan-segan untuk menghukum So yeon secara fisik jika ia melakukan kesalahan. Dan karena ini film bergenre horror, tentu saja tak lepas dari kehadiran sosok mengerikan dalam film ini. Sosok hantu perempuan sering muncul yang membuat sang adik menjadi semakin depresi. Dan kehadiran hantu itu menimbulkan peristiwa-peristiwa aneh dirumah mereka. Masalah yang muncul pun semakin banyak. Hubungan kedua kakak beradik ini dengan Eun Joo semakin kacau. Sayangnya, Ayah mereka terlalu cuek.


Suatu ketika burung peliharaan milik Eun Joo ditemukan mati dengan kepala terpotong. Eun Joo pun marah kepada Soo Yeon dan mengurung di dalam lemari. Beberapa kali kejadian Soo Yeon dikurung di dalam lemari ini berulang, Su Mi mencoba member tahu si ayah yang tidak juga mengindahkan kata-kata Su Mi. Suatu saat ketika terbangun dan mendapati adiknya tidak ada. Kemudian Su Mi mendapati Eun Joo yang sedang membawa sebuah karung yang penuh darah. Su Mi mencoba menghentikan ibu tirinya, sayangnya  Su Mi justru jatuh pingsan karena perlawan si Eun Joo . Dan herannya, ketika iya terbangun, sang ayah ada di sampingnya dan semua bukti kejadian tadi sudah tidak ada. Ayah mencoba menenangkan si Su Mi.


Dan ternyata, itu semua memang tidak pernah ada. Itu semua hanya ada di dalam pikiran Su Mi. Su Mi memiliki gangguan jiwa yang membuatnya mengambil dan bermain peran sebagai siapa saja. Su Mi yang menjadi si Ibu tiri, Su MI yang menjadi Soo Yeon juga.  Film ini benar-benar pintar memainkan alur ceritanya. Saya sendiri tidak sadar bahwa ternyata itu semua cuma ada di pikiran Su Mi. Padahal dari awal cerita sudah dikatakan bahwa Su Mi memiliki gangguan jiwa. Di akhirnya ceritanya barulah diberikan flashback mengenai apa yang pernah terjadi dulu. Eun Joo adalah seorang perawat pengasuh keluarga, karena ibu kandung mereka sakit. Su Mi menduga bahwa sang ayah berselingkuh dengan perawat tersebut. SU Mi menjadi tidak suka dengannya. Sampai suatu hari Soo Yeon menemui ibunya yang meninggal di dalam lemari, Soo yeon yang mencoba membangunkan ibunya dengan menggoyang-goyangkan tubuhnya. Sayangnya,hal itu justru membuat lemari tersebut jatuh dan menimpa dirinya. Karena mendengar kegaduhan tersebut, Eun Joo, menuju kamar So Yoen dan mendapati So yeon tertimpa lemari mengaruk-garuk lemari untuk mengeluarkan dirinya. Syangnya, Eun Joo hanya melihatnya dan tidak menolongnya. 


A tale of Two Sisters ini bisa di bilang bukan seperti film horror biasanya yang melulu soal hantu. Atau kata mas-masnya yang pernah saya temui di movie box bilang ‘film hantu yang banyak hantunya tapi ndak banyak ngomongnya’. Film ini layaknya film korea lainnya, penuh dengan drama. Selain itu film ini membuat kita bertanya-tanya dan berfikir ketika menyaksikannya. Seperti adegan di awal cerita, dimana kita sudah dibuat bertanya-tanya, siapakah seorang anak perumpuan yang sedang ditanya-tanyai tersebut? Sehingga bisa dikatakan ketika kita menontn film ini kita harus ikut berfikir, memahami dan menebak apa yang akan terjadi, karena film ini bukan tipe film yang gampang ditebak seperti film-filmnya Disney. Nah jadi bisa dikatakan kalau film ini adalah Film Horror dengan bumbu drama yang diberikan sedikit kemisteriusan yang mempermainkan psikologis.


Selamat malam minggu, semoga  malam minggu kalian tidak horror dan tidak mengalami gangguan psikologis. Tenang, buat kalian yang jomblo, mungkin bisa bermain peran seperti Su Mi biar tidak merasa sendirian.. :p hihihi

14 comments:

  1. makasih infonya bener membantu saya haha :)

    ReplyDelete
  2. saya paling ngga suka film horor,tapi kyaknya ini menarik,,hehe

    ReplyDelete
  3. Jan 2016. nonton film in pertama kali dan dibuat penasaran dgn alur ceritanya akhirnya saya menemukan sinopsis di blog ini dan mengerti maksud film ini.. cheers :)

    ReplyDelete
  4. Uda pernah nonton tapi masih bingung soalnya aku liatnya juga banyak yang di skip habisanya ga berani wkwk

    ReplyDelete
  5. Gila ini film horror.. Gua pas udah selesai nonton masih mikir... Alur sama inti ceritanya gimna pasnya dan baru mengerti setengah jam kemudian.. Haha... The best lah..

    ReplyDelete
  6. mungkin Su mi menjadi gila karena ia pergi dari rumah itu ya?
    tanpa tau adik dan ibunya udah meninggal.

    ReplyDelete
  7. Apakah tentunya jga halusinasi?

    ReplyDelete
  8. Terus aslinya yang membunuh ibu su mi itu siapa.? Masih nggak paham sampai sekarang.. tolong bantu jawab 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibunya soo mi meninggal karena gantung diri di lemari, bukan dibunuh

      Delete
  9. Makasih min, sangat membantu..

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete