Wednesday, December 15, 2010

Diklat Kedua


Kine is back! Setelah mengikuti diklat perdana kine di awal Desember lalu (4-5 Desember 2010), para peserta diklat yang terdiri dari angkatan 2009 dan 2010, kini mengikuti kembali diklat yang kedua. Diadakan pada tanggal 12 Desember 2010, antusias para peserta tidak hilang begitu saja. Kali ini Kine menghadirkan dua orang pembicara yang tidak asing lagi bagi kalian calon film maker. Pembicara pertama adalah Anggi Noen atau akrab dipanggil Cecep dari Limaenam films. Setelah kemarin para peserta diberi tugas masing-masing membuat sebuah sinopsis bertema bebas, diklat kali ini Cecep membedah dan membahas semua hasil sinospsis para peserta.

Hasil sinopsis para peserta diberi pujian oleh Cecep. Semua sinopsis peserta tidak ada yang jelek, karena segala cerita berasal dari imajinasi masing-masing orang. Banyak tips dan pesan yang diberikan Cecep untuk membuat sinopsis yang bagus dan mengesankan.
Dilanjutkan dengan pembicara kedua, yaitu Purbanegara atau Popo dari Limaenam films juga. Masih seputar tahap awal dalam membuat sebuah film. Ada 4 tahap dalam membuat skenario film :
1. Ide yang out of the box
2. Menulis sinopsis yang fokus dan mampu menarik minat menonton orang
3. Membuat scene plot. Scene plot di bagi menjadi dua, yaitu : plot utama dan sub plot. Popo menekankan bahwa sub plot tidak boleh melebihi porsi dari plot utama, namun tetap berhubungan.
4. Skenario yang mudah dan jelas

Di akhir diskusi, Popo memberikan pesan, bahwa ketika ingin membuat sebuah film, cobalah pilih salah satu fokus dalam cerita. Carilah satu masalah, kasus, atau tema, dan fokuskan dalam film. Kemudian, para peserta akhirnya diberi kesempatan untuk memproduksi sebuah film yang akan mereka garap dengan sinopsis yang dipilih dari para peserta. Dengan adanya produksi film ini, diharapkan para peserta mampu belajar langsung dan bersemangat dengan apa yang mereka kerjakan. Hidup KINE klub KOM! (Bian Devina)

No comments:

Post a Comment